Melirik manfaat sayur bayam

Bayam (spinacia oleracea), suadah sejak dahulu kala orang mengetahui, mengenal, dan banyak manfaat bagi manusia. Mungkin saking banyak manfaatnya, sampai-sampai Arlie  Chrisler pada tahun 1920 menciptakan popeye, tokoh kartun yang dapat memperoleh kekuatan dengan memakan bayam.

Walaupun tak sedahsyat ceritera popeye, namun patut kita sadari bahwa bayam sendiri tidaklh sebatas sebagai sayur, Sebagai unsur pemenuh gizi, empat sehat lima sempurna.
Dibalik warnaya yang hijau dan batangnya yang menarik/ menawan, ternyata bayam memiliki sederet kandungan yang teramat penting bagi tubuh.

Menurut direktur Gizi DepKes RI dalam setiap 100 gram bahan yang didapatkan:
- Vitamin A6 : 09 SI (Satuan Standar Internasional)
- Vitamin B1 : 0,10 mg
- Vitamin C : 80 mg

Selain itu juga mengandung kalori 86 gr, mineral kalsium 267,0 mg fosfior 66,8 mg, lemak 0,5 gram, zat besi 3,9 mg, karbohidrat 6,5 gr, dan protein 3,5 gr.

Di dalam tubuh, vitamin A berfungsi sebagai nutrisi pendukung imunitas sehingga tubuh tidak mudah teserang penyakit. Juga vitamin B dimana pada awalnya vitamin B1 (tiamin) dikenal sebagai anti beri-beri serta dinilai bermanfaatjuga membantu proses pertumbuhan seorang manusia, selain itu juga vitamin B1 yang terkandung didalamnya berfungsi untuk memaksimalkan pengobatan karbohidrat menjadi energi (tenaga).

Demikian pula dengan kalium yang bemanfaat unuk menjaga kesehatan tulang dan gigi atau zat besi yang sangat dalam pembentukan hemoglobin, kekebalan tubuh dan proses pembentukan myelin pada otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kemampuan berkosentrasi pada anak. Selain memicu terjadinya kekurangan darah atau anemia. sel darah merah sama halnya seperti seperti sayuran kangkung.  

Ada banyak cara untuk menikmati sayur bayam, dapat dijadikan lalap, mejad campuran pecel, sampai dijadikan keripik bayam. Bayam harganya relatif lebih murah, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menikmati kasiat sayur bayam.

1 comment: